SELAMAT DATANG !

" sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain" (HR. Ad-Daraqutni dan Ath-Thabrani)

Kamis, 04 November 2010

CIDERA YANG DIAKIBATKAN OLEH "GADGET"

 Tahukah kamu kalau gadget kesayangan kamu bisa jadi sumber cidera. Apa saja penyakit yang di datangkan oleh gadget modern? . . ini dia,
1. siku ponsel (cell phon elbow)
Istilah resmi untuk penyakit ini adalah cubital tunnel syndrom. Gangguan ini terjadi jika seseorang terus-menerus meregangkan syaraf di sekitar siku (syaraf ulnar), dengan menggunakan ponsel selama berjam-jam. Syaraf ini bisa berhenti berfungsi sama sekali jika gangguan tegolong parah, syaraf ulnar sendiri berfungsi mengontrol rasa sepanjangsiku hingga jari manis dan kelingking.
2. Kejang otot akibat vidio game
Biasanya orang yang sering main game sering mengeluhkan leher dan punggungnya pegal-pegal setelah bermain game selama berjam-jam. Otot, jika diletakkan dalam satu posisi selama beberapa waktu, bisa menimbulkan rasa nyeri dan bengkak.
3. Alergi Ponsel
Menurut Dr. Leonel Berjovitch, profesor dermatologi di Brown Medical School. Orang yang suka berbicara lama di ponsel bisa terkena alergi ponsel. Kandungan nikel yang terdapat di ponsel memunculkan gangguan kulit yang serius,gejalanyapun beraneka ragam, mulai dari ruam-ruam merah hingga bintil-bintil dan lepuhan.
4. Getaran Ponsel Khayalan
Banyak orang yang menyimpan ponsel di kantong atau tas,mereka merasa ponsel mereka bergetar. padahal faktanya ponsel mereka diam saja, atau malah tartinggal di rumah.
5. Jempol BlackBerry (BlackBerry Thumb)
Kirim-kiriman sms jelas seru. Tapi jika dilakukan berlebihan kamu bisa cidera. SMS berkali-kali bisa mengakibatkan  rasa nyeri dan bengkak pada ibu jari, cedera seperti ini sering kali tidak berbahaya, tapi tidak mustahil berkembang menjadi gangguan kesehatan serius.
6. Pergelangan Tangan Guitar Hero
Tidak butuh waktu lamasejak Guitar Hero dirilis pada tahun 2005 para penggemarnya dilaporkan mengalami cidera pergelangan tangan. Orang yang memainkan Guitar Hero terlalu lama berisiko menciderai tendon (urat daging) di area pergelangan tangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar