SELAMAT DATANG !

" sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain" (HR. Ad-Daraqutni dan Ath-Thabrani)

Kamis, 04 November 2010

MIDNIGHT SUN "MATAHARI TENGAH MALAM"

Midnight sun atau matahari tengah malam adalah fenomena alam yang terjadi pada bulan-bulan musim panas(summer) di Lintang Utara dekat Lingkaran Arktik di mana matahari masih terlihat di tengah malam pada waktu lokal apabia cuaca cerah.
Peda bulan Mei banyak turis akan berkunjung ke bagian utara bumi itu untuk menyaksikan fenomena ini. Salah satu kota tujuan untuk wisata "midnight sun" adalah kota Tromso, Bodo, Hammerfest, dan Nardkapp.
Negara yang bisa merasakan fenomena ini antara lain: Kanada, AS, Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia, dan Islandia.
Durasi midnigt sun akan meningkat dari hari kehari selama titik balik matahari pada musim panas di lingkaran kutub kemudian akan mencapaai 6 bulan pada kutub. Di daerah kutub sendiri,  matahari hanya terbit dan terbenam sekali dalam setahun. Selama 6 bulan matahari berada di atas ufuk, matahari akan terus bergerak di sekitar ufuk, dan mencapai ketinggian tertinggi saat titik balik matahari pada saat musim panas.
Bagi para pelancong yang ingin menikmati fenomena "midnight sun" di Norwegia, anda bisa datang  ke daerah-daerah di bawah ini:
1. Longyerbyen (Spitzbergen) Apr20 - Aug20
2. Nort Cape (Nordkapp) May14 - July30
3. Hammerfest May16 - July27
4. Tromso Hausberg May20 - July22
5. Narviks, Hausberg May25 - July18
6. Lofoten and Vesteralen Late May Mid July


7. Bodo July 4 - Juli



(sumber whoila.com)

2 komentar: